Materi VPN Kelas 12

Mapel ASJ Kelas 12 (Xll TKJ 2)

1. Pengertian VPN

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network yang merupakan sebuah teknologi jaringan yang menciptakan koneksi jaringan Secara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi. salah satu fungsi adanya vpn adalah keamanan dalam berkomunikasi atau dalam pertukaran data, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusup ke traffic (lalu lintas jaringan) yang tidak semestinya.

2. Pengertian VPN Server

VPN server adalah sebuah server yang dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga dapat menghubungkan koneksi kita dengan internet secara aman. VPN server juga disebut sebagai sebuah teknologi komunikasi yang membuat koneksi publik menjadi koneksi private. Karena jaringan VPN bersifat pribadi, jadi dapat di atur sesuai dengan keinginan kita. Boleh dibilang seperti jaringan LAN di dalam rumah atau kantor. 

3. Jenis VPN

Terdapat tiga jenis VPN, yaitu Access VPN, Intranet VPN dan Extranet VPN. Adapun penjelasan ketiganya adalah sebagai berikut :

1)Access VPN 



Access VPN atau Virtual Private Dial-Up Network (VPDN) adalah koneksi user-to-LAN yang digunakan sebuah perusahaan untuk para pekerjaanya yang membutuhkan koneksi ke jaringan mereka dari berbagai lokasi remote. Remote Access VPN memungkinkan pekerja untuk mengakses data-data dan segala sumber daya dimanapun mereka berada.

2) Intranet VPN 



Intranet VPN atau site to site VPN merupakan VPN yang digunakan untuk menghubungkan antara kantor pusat suatu perusahaan dengan kantor cabang atau kantor pembantu melalui shared network menggunakan koneksi yang permanen (dedicated). Tujuan penggunaan intranet VPN agar administrative control berada sepenuhnya di bawah satu kendali.

3) Extranet VPN 



Extranet VPN merupakan VPN yang digunakan untuk menghubungkan antara kantor dengan pihak luar seperti pelanggan, suplier, rekan bisnis, atau suatu komunitas ke dalam jaringan internal dengan menggunakan koneksi Dedicated. Dengan adanya Extranet VPN perusahaan-perusahaan yang terlibat dapat berkomunikasi serta bertukar informasi secara cepat, mudah, tapi dalam sistem keamanan yang terjamin.

4. Prinsip dan Cara Kerja VPN Server 

Setelah anda memahami pembagian jaringan berdasar wilayah atau area, VPN ini bisa di implementasikan pada jaringan local maupun berbeda area. Salah satu contoh perusahaan A mempunyai banyak cabang yang lokasinya tersebar di beberapa kota atau negara, lalu bagaimana menghubungkan semua lokasi dan membentuk sebuah LAN ?, disinilah konsep VPN dapat diterapkan.

VPN merupakan sebuah konsep jaringan yang dapat menghubungkan beberapa LAN yang lokasinya berjauhan, media yang digunakan adalah media jaringan publik seperti kabel telepon, kabel fiber optic dan lain sebagainya.
Dengan VPN ini seolah kita membuat jaringan didalam jaringan, yang biasa disebut Tunnel (terowongan), dan melakukan proses Tunneling atau membuat jalur pribadi yang menggunakan infrasturktur pihak ke tiga, 

Dibawah ini adalah gambaran tentang koneksi VPN yang menggunakan protokol PPTP. PPTP (Pont to Point Tunneling Protocol) adalah sebuah protokol yang mengizinkan hubungan Point-to Point Protocol (PPP) melewati jaringan IP, dengan membuat Virtual Private Network (VPN).


Dari gambar di atas secara sederhana cara kerja VPN (dengan protokol PPTP) adalah sebagai berikut: 
•    VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router, misalnya MikroTik RB 750.
•    Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk. 

•    Untuk selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.
• VPN mendukung banyak protokol seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCK. Protokol ini membantu cara kerja VPN untuk memproses otentikasi.
• VPN klien dapat membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenangan di jaringan.
•    Jaringan VPN juga dienkripsi akan meningkatkan fitur keamanan. hal ini juga berarti bahwa VPN biasanya tidak terlihat pada jaringasn yang lebih besar.
•   Teknologi saat ini semakn banyak mendasarkan perkembangan VPN karena mobilitas yang disediakan dan saat ini Virtual Private Network juga membuka jalan untuk koneksi WiFI dan jaringan nirkabel pribadi. 

5. Konfigurasi VPN Server

Mengenai VPN, yang pada intinya adalah sebuah jalur khusus. Kini, kita akan mencoba sebagai server dari layanan VPN  PPTPD menggunakan Debian, Dan Tanpa menunggu lagi mari kita simak cara konfigurasi VPN Server pada Debian 7 dibawah ini :

1. apt-get install pptpd (DVD2)

2. setelah terinstall, ketikan nano /etc/pptpd.conf

3. edit local ip & remote ip sesuai pengaturan interfaces & dipaling bawah dan hapus tanda pagarnya
4. nano /etc/ppp/pptpd-options dan ketikan sesuai gambar dibawah dan ms-dns ipnya disesuaikan
5. nano /etc/ppp/chap-secrets dan masukan username(client) password (secret)
6. service pptpd restart untuk merestart konfigurasi vpn
7. lalu test pada client windows(pastikan client dan server terhubung) , lalu dengan cara buka network
    and sharing center -> set up a connection or network -> connect to a workplace

8. pilih I'll set up an Internet Connection later

9.  lalu piih Use my Internet connection (VPN)

10. Pada tahap ini masukan ip gateway yang menghubungan vpn dengan client (pada localip) dan
      destination name boleh diisi bebas

11.Masukan user name dan password yang telah dibuat

12. Akan muncul tampilan seperti ini jika belum mendapat koneksi internet sebelumnya, cukup close
      saja lalu klik ikon untuk koneksi dan pilih connect pada VPN Connection yang telah dibuat

13. Masukan kembali user dan password vpn yang telah dibuat , lalu klik connect

14. Dan Konfigurasi VPN PPTPD telah berhasil dibuat

Comments

Popular posts from this blog

Control Panel Hosting

ASJ Control Panel Hosting